Saturday, September 8, 2012

Rumor: Apple Bakal Hapus Samsung Dari Daftar Suplier Chip untuk iPhone


Dd54c3a7665ccda4cb8000f0007766ec
Samsung dan Apple belakangan memang sedang ramai berseteru terkait pelanggaran hak paten. Bahkan, keduanya pun sudah masuk ranah peradilan, yang membuat pertentangan makin tajam. Setidaknya itulah yang biasa terjadi dalam hal bisnis.

Namun, ada kabar menyebutkan bahwa untuk saat ini Apple sudah dalam tahap titik puncak dalam perseteruan tersebut, dimana dilaporkan pabrikan perangkat iPhone dan iPad tersebut akan memutuskan hubungan bisnis diantara keduanya, yang selama ini terjalin. Apple dirumorkan akan menghapus nama Samsung dalam daftar penyedia (supplier) chip memori yang diperlukan oleh iPhone.

Memang sih, seperti yang kami kutip dari Reuters, bahwasanya cukup banyak hardware yang disuplai Samsung untuk Apple, seperti prosesor, layar datar, serta chip memori. Dari sumber yang ada (anonim) menyebutkan bahwa nantinya peran Samsung akan digantikan oleh suplier lain, dimana dikabarkan Apple akan menggandeng Toshiba, Elpida dan SK Hynix sebagai penyedia chip DRAM dan NAND.

Berdasarkan informasi yang dilansir Korea Economic Daily (7/9), saat ini nama Samsung memang masih sebagai salah satu suplier hardware untuk perangkat iPhone 5. Namun, untuk kedepannya, iPhone generasi keenam kemungkinan tak lagi akan mengandalkan vendor asal Korea Selatan tersebut.

Sedikit berbeda dengan Korean Economic Daily, pihak Reuters menyebutkan bahwa Apple tak memutuskan hubungannya dengan Samsung. Hanya saja, memang jumlah hardware yang diminta untuk disuplai dikurangi jumlahnya. Langkah ini diambil karena Apple tak ingin mengandalkan pada satu suplier untuk hardware penting di produknya.

Mengenai informasi ini, belum ada keterangan resmi dari kedua belah pihak, baik Samsung maupun Apple. Bila ini benar adanya maka Samsung pun bakal kehilangan salah satu chanel pendapatannya, mengingat profit yang didapatnya berasal dari penjualan part/hardware, bukan hanya dari produk saja.

No comments:

Post a Comment